Sabtu, Maret 25, 2023
spot_img
BerandaHikmahUlama Khosyah

Ulama Khosyah

Ulama Khosyah

 

Oleh : KH. Didin Hafidhuddin

Terdapat dua ayat dalam Alquran yang memuat kata-kata ulama, yaitu dalam surat As-Syura ayat 197 dan surat Fathir ayat 28. Ayat yang pertama, walaupun asbabun-nuzul-nya berkaitan dengan ulama Bani Israil, tetap substansinya berlaku universal, yaitu ulama adalah kelompok orang yang memiliki pengetahuan keislaman yang mendalam yang berbeda dengan yang lainnya. Mereka mampu memberikan solusi dan jawaban terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Sedangkan ayat kedua menjelaskan bahwa ulama adalah kelompok orang yang hanya memiliki rasa takut dan rasa cinta yang bersifat absolut kepada Allah SWT (khosyah). Kecintaan dan rasa takut kepada-Nya menyebabkan mereka memiliki perilaku yang selalu disesuaikan dengan ketentuan-Nya.

Keberpihakannya sangat jelas, yaitu kepada kebenaran dan keadilan yang bersumber dari ajaran-Nya. Pancaran dari sikap ini tampak pada kejujuran ucapan, kehati-hatian dalam mengambil sikap, keteladanan akhlak, serta orientasi pemikirannya yang selalu diarahkan pada amar ma’ruf nahi munkar dalam pengertian yang luas.

Demikian pula kerendahan hati kepada sesama orang-orang yang beriman dan ketegasan sikap pada perilaku orang-orang yang buruk, tampak sangat menonjol. Kasih sayang kepada orang-orang yang lemah dengan melakukan berbagai macam kegiatan pemberdayaan dan advokasi, selalu merupakan pilihannya. Kelompok ulama inilah yang termasuk kategori kelompok orang yang menjadi hamba milik Allah SWT.

Ini sebagaimana dinyatakan dalam hadis riwayat Thabrani dari Ibn Umar, Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya Allah SWT memiliki hamba-hamba yang secara khusus membantu memenuhi kebutuhan hidup manusia. Orang-orang datang kepada mereka menyampaikan kebutuhannya. Itulah orang-orang yang selamat dari azab Allah.”

Yang perlu kita sadari bersama bahwa istilah ulama yang demikian mulia dan agung itu, tidaklah otomatis sama dengan istilah kiai atau ustaz. Ulama pasti kiai dan ustaz. Tetapi, belum tentu kiai dan ustaz termasuk ulama, jika tidak memiliki kedua persyaratan tersebut di atas, walaupun masyarakat banyak menyebutnya sebagai ulama. Dalam berbagai hadis dikemukakan bahwa ulama adalah waratsatul-ambiya (ahli waris para nabi), baik ilmu pengetahuannya maupun akhlak dan kelakuannya, sekaligus perjuangannya.

Dalam dunia perpolitikan di Indonesia sekarang ini, peran para ulama tetap jelas, nyata, dan diperlukan selama mereka bertujuan melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar, memperbaiki tingkah laku masyarakat, sekaligus memberi contoh dan suri teladan. Tidak selayaknya ulama waratsatul-ambiya menjadi alat kekuasaan kelompok yang ambisius pada jabatan dan kedudukan yang berusaha meraihnya dengan segala macam cara, termasuk melakukan kebohongan-kebohongan kepada publik, apalagi disertai dengan iming-iming materi yang sifatnya sesaat dan fatamorgana. Wallahu a’lam bis-shawab. Republika Online

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Terima kasih telah membaca artikel diwebsite kami.

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

Β 

Β 

Β 

FOLLOW MEDIA SOSIAL KLIK MUSLIM :Β Β πŸ‘‡

Facebook KLIK MUSLIM

Twitter KLIK MUSLIM

Telegram KLIK MUSLIM

Google My Business KLIK MUSLIM

Β 

Tumble KLIK MUSLIM

Linked In KLIK MUSLIM

Β 

Pinterest KLIK MUSLIM

Reddit KLIK MULSIM

Youtube KLIK MUSLIM

Medium KLIK MUSLIM

Dukung kami dengan berbelanja produk-produk muslim bergaransi 100%Β  original dan berkualitas di toko online kami KLIK MUSLIM SHOP yang bisa Anda kunjungi dg cara klik link toko online kami di menu navigasi .

100%Β  original.

πŸ‘‡

Terima kasih telah membaca artikel diwebsite kami.

Jika Anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikel diatas. Mohon berkenan untuk membantu menyebarkannya ke yang lain dg cara membagikan link website ini denganΒ mengklik tombol media sosial yang ada dibawah ini.

Β 

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Terpopluer

Paling Trending

Paling Awal

Update Contents
KLIK MUSLIM We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications