Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaKonsultasiTalkin Laaillahailallah

Talkin Laaillahailallah

spot_img
spot_img

Talkin Laaillahailallah

 

Pertanyaan:

Azzahra – Cipinang

Assalamualaikum wr..wb

P’Ustadz, langsung saja, saya pernah membaca disalah satu buku muslim disitu dikatakan kalau ada orang atau kita mau sakaratul maut harus mengucapakn / dituntun ucapan Laaillahaillallah agar kita masuk surga. Yang jadi pertanyaan saya, apakah bila kita mengucapkan hal tersebut diatas sebelum sakaratul maut begitu kita mati langsung masuk surga atau kita tidak mendapat siksa kubur atau melalui proses dulu sesuai amalan kita selama didunia. Mohon penjelasana dari P’Ustadz

Jazakumullah khairan katsiran Assalamualaikum wr..wb

 

 

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Orang yang menjelang wafatnya sempat mengucapkan syahadatain merupakan ciri dari orang yang husnul khatimah. Insya Allah dia masuk surga dan kita wajib mendoakannya.

Sedangkan apakah dia langsung begitu saja masuk surga tanpa dilakukan proses hisab, tentu saja tidak. Sebab hanya kalangan terbata sekali yang akan mengalaminya, yaitu khusus hanya pada orang-orang yang mati syahid di medan tempur membela agama Allah SWT.

Sedangkan yang lainnya, tentu harus mengalami proses penimbangan amal (mizan), penghitungan (hisab) dan sebagainya. Apabila hasilnya lebih berat timbangan amal baiknya, maka dia masuk surga. Sebaliknya bila timbangan amal kejahatannya lebih berat, maka dia akan disiksa dahulu di neraka.

Memang benar ada hadits yang menyebutkan bahwa orang yang pernah mengucapkan syahadatain itu pasti masuk surga. Hanya saja tidak secara langsung, bisa saja dia harus menebus dosanya dahulu di neraka untuk pada suatu saat bila semua telah tertebus, dikeluarkanlah dia dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga.

Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata,”Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka …(HR. Bukhari 6560 dan Muslim 184)

Di dalam hadits lainnya juga disebutkan hal senada :

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman). (HR. Bukhari 44 dan Muslim 193)

Dan kita juga mendapatkan hadits berikut ini untuk menjelaskan bahwa memang benar seorang yang pernah mengucapkan Laa Ilaaha Illallah, akhirnya akan masuk surga juga, meski harus dibakar dahulu di neraka.

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman,”Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah). (HR Bukhari)

Semua hadits di atas dan masih banyak lagi hadits di atas memang memberikan jaminan bahwa orang yang telah pernah mengucapkan syahadatain itu pastilah dikeluarkan dari neraka dan masuk ke dalam surga.

Hanya saja masalahnya, tidak ada jaminan bahwa sebelum masuk ke surga itu apakah akan mampir ke neraka dulu atau tidak. Yang kedua, tentu saja yang dimaksud dengan mengucapkan dua kalimat syahadat itu adalah ikrar yang datang dari lubuk hati, bukan sedekar asal bunyi tapi tanpa rasa percaya.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

Talkin Laaillahailallah

======================================

👇👇👇

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

🙏 🧕 🙏

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

👇👇👇

Talkin Laaillahailallah

spot_img
spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments