Sabtu, November 26, 2022

Shalat Di Rumah Orang Nasrani

spot_img
spot_img

Shalat Di Rumah Orang Nasrani

 

 

Pertanyaan:

Ari – Jakarta

Assalmu’alaikum Wr Wb Saya ingin bertanya apa hukumnya kita shalat di rumah kerabat yang beragama nasrani? sahkah shalat saya? Wassalamu’alaikum Wr Wb

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Salah satu yang membedakan agama Islam dengan agama lainnya yang datang dari Allah SWT juga adalah bahwa khusus untuk agama Islam, para pemeluknya boleh melakukan shalat dimana pun. Bahwa bumi ini telah dijadikan suci bagi semua umat Islam dan telah pula secara syah dijadikan tempat sujud. Sehingga dimanapun seorang muslim mendapatkan waktu shalat, disitu dia boleh melakukannya.

dari Jabir ra bahwa Rasulullah SAW bersabda,โ€Aku diberikan 5 hal yang tidak diberikan kepada seorang nabi pun sebelumku : [1] Aku ditolong dengan rasa takut di hati musuhku sebulan sebelumnya, [2] Dijadikan bumi/tanah itu suci dan sebagai masjid, sehingga dimanapun waktu shalat mendapati ummatku, disitulah dia shalat. [3] Dihalalkan untukku memakan harta rampasan perang yang tidak dihalalkan untuk nabi sebelumku, [4] Aku diberikan syafaโ€™at, [5] Dan semua nabi di utus hanya untuk kaumnya saja, sedangkan aku diutus untuk seluruh manusia.โ€(HR. Bukhari : 335 dan Muslim 21).

Dalam hadits lainnya juga disebutkan tentang sucinya tanah atau bumi untuk shalat dimana pun adanya.

Dari Abi Umamah bahwa Rasulullah SAW bersabda,โ€Telah bumi itu suci dna menjadi masjid untuk ummatku. (HR. Ahmad : 5/248).

Dari dua dalil itu, maka tidak ada halangan buat seorang muslim untuk melakukan ibadah shalat di mana pun, tidak harus di tempat khusus seperti masjid, mushalla atau masjidil haram.

Bahkan di dalam gereja sekalipun, umat Islam dibolehkan untuk melakukannya. Kalau pun Umat bin Al-Khattab ra pernah menolak untuk shalat di dalam gereja masehi di Baitul Maqdis saat penaklukan kota itu, bukan karena keharamannya, namun karena beliau tidak ingin menyinggung perasaan penyembah nabi Isa itu. Maka Umar ra membangun masjid khusus di samping Baitul Maqis itu dan hingga hari ini dikenal dengan nama masjid Umar.

Karena itu bila Anda harus shalat di rumah teman Anda yang bukan muslim, maka lakukan saja dan tidak ada larangan dalam hal ini.

Yang tidak boleh adalah melakukan shalat di tempat kotor dan najis seperti di dalam WC, tempat pembuangan sampah atau di kandang ternak yang kotorannya dianggap najis.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

 

Shalat Di Rumah Orang Nasrani

======================================

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

 

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>ย  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

๐Ÿ™ ๐Ÿง• ๐Ÿ™

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Shalat Di Rumah Orang Nasrani

Follow Sosial Media Kami : ๐Ÿ‘‡

ย ย  ย  ย ย  ย 

Follow Sosial Media Kami : ๐Ÿ‘†

spot_img
spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments