Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaKonsultasiNabi Isa Disalib

Nabi Isa Disalib

spot_img
spot_img

Nabi Isa Disalib

 

Pertanyaan:

Kaka – Blimbingsari CT IV/77 Depok Sleman Yogyakarta 55281

Assalamu’alaikum wr wb.

Antara Islam dan Kristen terdapat perbedaan apakah Isa itu disalib atau tidak. Apakah ajaran Rasulullah dengan firman Allah melalui Al Qur-an bahwa Nabi Isa tidak disalib merupakan pernyataan pertama kali melalui ajaran Rasulullah atau sebelum Nabi Muhammad diutus memang sudah ada cerita bahwa Nabi Isa itu tidak ‘tersalib’ melainkan yang disalib merupakan orang yang diserupakan wajahnya oleh Allah SWT ke dalam rupa Isa?

Wassalamu’alaikum wr wb


Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Sesungguhnya orang-orang yang memusuhi nabi Isa dan mengejar-ngejar beliau hingga mengaku telah membunuh beliau tidak terlalu yakin atas tindakan mereka. Benarkah yang mereka bunuh itu seorang Isa as ? Ataukah orang lain yang wajahnya mirip dengan beliau ?

Al-Quran Al-Karim sejak awal telah mentertawakan kejadian itu dan menjatuhkan argumentasi mereka. Secara tegas Al-Quran Al-Karim menyebutkan bahwa para pembunuh Isa itu sebenarnya tidak pernah sampai pada keyakinan bahwa yang mereka buuh itu memang betul-betul Isa as.

Allah SWT berfiman di dalam Al-Quran Al-Karim :

dan karena ucapan mereka : “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, ‘Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak menyalibnya, tetapi orang yang diserupakan dengan ‘Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang ‘Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah ‘Isa.(QS. An-Nisa : 157)

Jadi cerita yang berkembang sebenarnya justru tidak terbunuhnya Nabi Isa as dan bahwa mereka telah salah bunuh. Namun mereka ngotot untuk mengatakan telah berhasil membunuhnya. Pada akhirnya Allah SWT justru membeberkan keraguan yang ada dalam hati mereka.

Memang telah menjadi kebiasaan kalangan ahli kitab untuk menutupi fakta dan juga memutar balik ayat yang turun dari langit. Karena beraninya mereka melakukan tindak penyelewengan itu sehingga seolah-olah fakta itu tertutupi. Dengan turunnya Al-Quran Al-Karim, fakta dan kebenaran yang tadinya tertutupi bisa terungkap.

Diantaranya adalah fakta bahwa Nabi Isa as itu justru diangkat kepada Allah SWT sebagaimana firman-nya :

“Tetapi, Allah telah mengangkat ‘Isa kepada-Nya . Dan adalah Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisa : 158)

 

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

 

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

 

Nabi Isa Disalib

Nabi Isa Disalib

======================================

👇👇👇

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

🙏 🧕 🙏

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

👇👇👇

Nabi Isa Disalib

 

spot_img
spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments