Minggu, Agustus 14, 2022
BerandaKonsultasiMengapa Syiah Berkembang Cukup Pesat?

Mengapa Syiah Berkembang Cukup Pesat?

spot_img
spot_img

Mengapa Syiah Berkembang Cukup Pesat?
Pertanyaan :

Agung – Madiun

mengapa syiah berkembang cukup pesat dan banyak digandrungi kalangan pemuda? apakah benar syiah itu sangat sesat? kalau dilihat itu khan hanya tidak sesuai dengan aqidah ahlussunnah wal jamaah dan hanya dilihat dari satu sisi yaitu tanpa ada pembelaan dari pihak syiah sendiri.mohon tanggapannya.bagaimana caranya kita mengirimkan komentar atau tanggapan pada situs ini. wassalam

Jawaban:

Para penganut paham syiah di dunia ini sangat beragam, dari yang paling sesat dan sulit untuk dikatakan muslim, hingga yang paling sedikit kesesatannya. Memang adilnya kita tidak boleh menggeneralisir bahwa semua syiah itu pasti di luar Islam, sesat secara total atau predikat lainnya. Karena memang ada sebagian kalangan syiah yang tidak terlalu memusuhi kalangan ahli sunnah, tidak sampai mengkafirkan para shahabat, tidak sampai menuduh Jibril salah menurunkan wahyu dan tidak sampai memiliki versi mushaf sendiri.

Sebagian dari kalangan syiah itu ada juga yang masih mengakui kekhilafahan Abu Bakar, Umar dan Ustman. Juga menentang nikah kontrak / mut’ah. Hanya yang menjadi masalah adalah kebiasaan mereka melakukan taqiyah atau siasat menyembunyikan doktrin dasar yang sesat itu manakala mereka sedang mulai merekrut kader baru di kalangan pemuda.

Sehingga siapa yang akan menyangka kalau sebuah pengajian terbuka atau seorang tokoh yang cukup simpatik itu pada level tertentu memang benar-benar mengajarkan doktrin-doktrin sesat syiah. Untuk kalangan yang masih baru saja berkenalan dengan kelompok itu, sudah bisa dipastikan mereka akan menampik untuk dikatakan syiah. Kalau seseorang belum sampai kepada level tertentu dalam struktur mereka, bisa dipastikan tidak pernah tahu akan dibawa kemana.

Contoh yang paling mudah adalah kebohongan Khomaini ketika melakukan Revolusi Iran menggulingkan Syah Reza Pahlevi. Awalnya, revolusi yang digulirkannya itu selalu didengungkan sebagai Revolusi Islam yang bukan milik kalangan syiah saja, sehingga mendapatkan sambutan luar biasa dari seluruh lapisan dunia Islam. Tetapi ketika fajar kemenangan mulai merekah dan kekuasaan telah di tangan, satu per satu apa yang pernah dikhawatirkan sebelumnya mulai terjadi.

Ternyata revolusi itu tidak lain hanyalah revolusi gerakan syiah. Hampir semua idiom dan doktrin syiah akhirnya tidak bisa dipungkiri lagi bermunculan di Iran. Harapan bahwa revolusi itu adalah revolusi milik umat Islam sirna sudah, karena tak menyisakan lagi doktrin-doktrin revolusi yang murni dari Islam. Semuanya milik syiah dan sulit untuk memisahkannya dengan aqidah syiah.

Tidak kurang dari Dr. Said Hawwa pun terpaksa harus menerbitkan buku yang isinya membedah kebohongan-kebohongan revolusi yang kontroversial itu.

Pada titik ini, kita memang agak sedikit kerepotan menghadapi kelompok syiah ini. Meski tidak semuanya sesat, tetapi karena sulit membedakan mana yang masih baik dan sesat, yang perlu dilakukan adalah waspada dan tetap berpedang pada dasar aqidah yang lurus. Sayangnya, tidak semua kalangan mereka terbuka dan siap berdialog dalam urusan doktrin-doktrin mereka yang mengundang banyak pertanyaan.

Tentang begitu cepatnya paham ini berkembang, karena mereka memang punya kiat-kiat jitu dalam rangka merekrut kader baru. Ditambah pendekatan mereka yang lumayan mampu menebarkan sekian banyak pesona. Termasuk romantisme masa lalu tentang pembunuhan imam-imam mereka. Tentang akan datangnya imam ke-12 yang telah ditunggu-tunggu serta pendekatan berbau filsafat logika yang retoris yang memang digemari di kalangan mahasiswa. Dan tidak dipungkiri juga bahwa banyak yang tertarik untuk bisa ikut ‘mencicipi’ kawin kontrak yang mereka ajarkan. Dan jangan lupa adanya momentum revousi Iran yang membuat kelompok syiah di selruh dunia seakan mendapat ‘stroom’ baru.

 

source : SyariahOnline

Pusat Konsultasi Syariah

Mengapa Syiah Berkembang Cukup Pesat?

 

 

spot_img
spot_img
spot_img
Artikulli paraprakPengobatan dengan Dzikir
Artikulli tjetërTaubat Atas Perbuatan Syirik
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments