Kamis, Januari 20, 2022
BerandaKonsultasiGaibnya Imam Syiah

Gaibnya Imam Syiah

spot_img
spot_img

Gaibnya Imam Syiah

 

Pertanyaan:

Trie – Depok

assalamu alaikum wr.wb.

pak ustadz saya mau tanya tentang gaibnya imam syiah, itu bagaimana sih ceritanya? maksud saya dalam peristiwa apa ia gaib. apakah dikejar-kejar spt gaibnya nabi Isa atau bagaimana? apakah selain syiah boleh mengakui masalah gaibnya imam versi syiah tersebut?

wassalam

Jawaban:

Assalamu `alaikum Wr. Wb.
Al-Hamdulillahi Rabbil `Alamin, Washshalatu Wassalamu `Alaa Sayyidil Mursalin, Wa `Alaa `Aalihi Waashabihi Ajma`in, Wa Ba`d

Kelompok Syiโ€™ah Itsna Asyโ€™ariyah meyakini bahwa imam mereka ada 12 dan semuanya memiliki mukjizat seperti Nabi dan telah diberi wasiat dan rahasia ajaran Islam. Sehingga mereka berhak menerangkan ajaran Islam yang orang lain tidak diberitahu menjadi rahasia mereka sendiri. Mereka yakin bahwa para imam itu dititipi ilmu oleh Rasulullah SAW untuk menyempurnakan syariat. Tidak ada perbedaan antara imam dengan Rasulullah SAW kecuali bahwa Rasulullah SAW menerima wahyu.

Para imam itu diyakini berada pada derajat ma`shum yang tidak mungkin berdosa dan terpelihara dari segala kesalahan, kelalaian serta dosa-dosa baik besar atau kecil.

Mereka meyakini bahwa imam mereka yang ke-12 sedang ghaibah (menghilang) ke dalam sebuah gua di Samara (surro man ra`a), sebuah kota kecil di Iraq dekat sungai Tigris utara Baghdad. Suatu hari nanti imam ke-12 itu akan muncul lagi (roj`ah). Karena itu sekarang setiap ba`da maghrib, sebagian penganut syiโ€™ah rajin berdiri di pintu gua itu.

Bahkan dari mereka ada yang menyediakan sebuah kendaraan untuk pergi. Perbuatan ini terus berlangsung tiap malam. Harapan mereka imam itu akan datang untuk memenuhi keadilan lantaran bumi sedang dipenuhi dengan kekejaman dan kezoliman.

Menurut aqidah mereka, imam ke-12 ini juga akan melacak lawan-lawan syiah sepanjang sejarah.

Sedangkan dalam aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, tidak ada konsep imam yang maksum, tidak berdosa atau mendapat wahyu untuk menyempurnakan syariat Islam. Dalam konsep aqidah yang dianut oleh para shahabat Rasulullah SAW, setelah wafatnya beliau, maka tidak ada lagi manusia yang mendapatkan wahyu dan syariat. Karena bila hal itu diyakini, berarti sama saja mengatakan bahwa syariat yang turun kepada Rasulullah SAW belum lengkap.

Apalagi kepercayaan bahwa ada imam yang bisa menghilang sementara lalu akan muncul lagi di dunia. Pertanyaanya adalah mengapa dia harus menghilang? Kalau dunia ini penuh dengan kemaksiatan, bukankah dia harus muncul bersama umat Islam untuk memberantasnya serta berjuang bersama-sama dengan umat Islam?

Kalau lah ada konsep manusia yang akan dibangkitkan nanti menjelang hari kiamat, maka tidak lain adalah imam mahdi dan nabi Isa as. Informasi tentang keduanya memang jelas disebutkan dalam hadits-hadits shahih. Sehingga kita tidak boleh menafikannya begitu saja.

Sedangkan informasi tentang sosok imam yang menghilang, tidak kita temui dalam nash-nash yang muktamad, kecuali dalam buku-buku versi syiah semata.

Hadaanallahu Wa Iyyakum Ajma`in, Wallahu A`lam Bish-shawab,
Wassalamu `Alaikum Warahmatullahi Wa Barakatuh.

 

 

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

Gaibnya Imam Syiah

 

 

======================================

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>ย  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

๐Ÿ™ ๐Ÿง• ๐Ÿ™

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡

Gaibnya Imam Syiah

 

spot_img
spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments