Kamis, Januari 20, 2022
BerandaKonsultasiDua Kalimat Syahadat : Pasti Masuk Surga, Betulkah ?

Dua Kalimat Syahadat : Pasti Masuk Surga, Betulkah ?

spot_img
spot_img

Dua Kalimat Syahadat : Pasti Masuk Surga, Betulkah ?

 

 

Pertanyaan:

Setia – Surabaya

Ustad Pengasuh PKS yang diRahmati Allah SWT, langsung saja Ust, saya ingin bertanya mengenai sebuah pertanyaan dari saudara saya yang non muslim. Dia menayakan kepada saya begini : “Apakah orang yang pernah mengucapkan 2 kalimat syahadah ada jaminan bahwa kelak orang tersebut pasti masuk surga ? “. Saya ingin menjelaskan kepada saudara saya tersebut dengan jawaban yang sekiranya bisa diterima menurut kondisi psikologis dia saat ini yang sedang mencari kebenaran (mohon disertai dalil/nash). Karena apabila saya jelaskan dari buku-buku literatur Islam seperti “Makna Syahadatain” karangan Syahid Hawa saya takutnya justru membuat bingung sodara saya tadi. Mohon bantuan dan penjelasan dari usttd. Demikian pertanyaan dari kami, jazakallah khoiron katsirr…

Jawaban:

Dua kalimat syahadat itu memang syarat untuk bisa dikatakan bahwa seseorang itu masuk Islam. Namun kita harus memilahnya menjadi dua hal yang berbeda. Pertama, urusan pengakuan status sosial di dunia. Kedua, urusan pengakuan dari sisi Allah SWT.

Bila ada seorang non muslim berikrar dengan mngucapkan lafaz dua kalimat syahadat, dimana dia mengakui bahwa tidak ada tuhan selain Allah SWT dan dia juga mengakui bahwa muhammad itu adalah nabi dan Rasul Allah, maka secara status dia adalah seorang muslim. Sehingga semua hal yang terkait dengan hukum, maka kepadanya diperlakukan sesuai dengan statusnya sebagai muslim. Misalnya, bila di mati, maka dimandikan, dikafani dishalatkan dan dikuburkan di pekuburan muslim. Dia boleh menikahi wanita muslimah, boleh menjadi wali bagi anaknya yang muslimah, berhak mewarisi dan diwarisi hartanya dan lain sebagainya.

Sedangkan disisi Allah SWT, tentu saja bila ikrar syahadatnya itu benar-benar murni dari lubuk hati akan diterima oleh-Nya dan dimasukkan ke dalam barisan hamba-Nya. Bahwa dalam perjalananya menjadi muslim dia terkadang suka melakukan maksiat, atau dosa dan hal-hal yang melahirkan ancaman dari Allah SWT, tentu tidak serta merta mengeluarkannya dari barisan muslimin. Sebab dalam pandangan aqidah ahli sunnah wal jamaah, dosa kecil dan dosa besar manusia itu tidaklah menyebabkan seseorang keluar dari Islam.

Selain itu memang ada hadits Rasulullah SAW yang menyebutkan hal itu

Dari Abi Said bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Bila ahli surga telah masuk surga dan ahli neraka telah masuk neraka, maka Allah SWT akan berkata, ”Orang yang di dalam hatinya ada setitik iman, hendaklah dikeluarkan. Maka mereka pun keluar dari neraka …(HR. Bukhari 6560 dan Muslim 184)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan (Laa Ilaaha Illallah) dan di dalam hatinya ada seberat biji dari kebaikan (iman). (HR. Bukhari 44 dan Muslim 193)

Dari Anas ra bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Allah SWT yang berfirman, ”Demi Izzah-Ku, demi Jala-Ku, demi Kesombongan-Ku dan demi Keagungan-Ku, Aku pasti keluarkan (dari neraka) orang yang mengucapkan (Laa ilaaha illallah). (HR Bukhari)

Semua hadits di atas dan masih banyak lagi hadits di atas memang memberikan jamiman bahwa orang yang telah pernah mengucapkan syahadatain itu pastilah dikeluarkan dari neraka dan masuk ke dalam surga. Hanya saja masalahnya, tidak ada jaminan bahwa sebelum masuk ke surga itu apakah akan mampir ke neraka dulu atau tidak. Yang kedua, tentu saja yang dimaksud dengan mengucapkan dua kalimat syahadat itu adalah ikrar yang datang dari lubuk hati, bukan sedekar asal bunyi tapi tanpa rasa percaya.

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

 

Dua Kalimat Syahadat : Pasti Masuk Surga, Betulkah ?

======================================

👇👇👇

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

🙏 🧕 🙏

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

👇👇👇

Dua Kalimat Syahadat : Pasti Masuk Surga, Betulkah ?

spot_img
spot_img
spot_img
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments