Kamis, Maret 23, 2023
spot_img
BerandaOaseCarilah Kesamaan Bukan Perbedaan

Carilah Kesamaan Bukan Perbedaan

Carilah Kesamaan Bukan Perbedaan

Saya amat terkesan dengan apa yang diajarkan guru sekolah dasar ketika pertama kali masuk sekolah. Ibu Guru menggambar dua buah lingkaran di papan tulis. Ia menamai lingkarang yang satu Laki-laki, sedangkan lingkaran yang lain Perempuan.

Kedua lingkaran itu saling menabrak sehingga terbentuk sebuah bidang kecil yang menjadi bagian yang sama dari kedua lingkaran tersebut. Sambil menunjuk bidang tersebut, Ibu Guru berkata, “Bidang ini milik bersama kedua lingkaran. Tujuannya, untuk mewadahi hal-hal yang punya kemiripan baik yang dimiliki anak laki-laki maupun anak perempuan. Nah, mari kita isi bersama-sama, apa saja yang bisa kita masukkan di tempat ini!”

Murid-murid kemudian saling menyebutkan apa saja kesamaan antara anak lelaki dan perempuan semisal, “menangis, tertawa, makan, minum,” Mereka melanjutkan, “Kita semua bisa berantem, bisa bermain, dan kita semua suka es krim, dan masih banyak lagi.”

Setelah itu Ibu Guru menggambar tiga buah lingkaran di papan tulis. Masing-masing lingarakan diberi nama Hitam, Putih, dan Kuning. Sekali lagi ia menjelaskan, ketiga lingkaran itu saling menabrak satu sama lain sehingga tercipta sebuah bidang yang menjadi milik bersama. Bidang itu dipakai untuk menampung segala sesuatu yang dari kelompok yang memiliki kesamaan. Nah, apa yang harus kita masukkan dalam ruangan itu?

Kembali usulan murid membanjir. Akhirnya ada seorang anak yang maju ke depan. Sambil menujuk bidang dalam ketiga lingkaran itu ia berkata, “Bidang di mana ketiga lingkaran itu saling menempel terlalu kecil Kita perlu memperbesar agar semua kesamaan-kesamaan yang kita punyai bisa tertampung di dalamnya.”

Apa yang dikatakan murid cerdas itu memang benar. Insan manusia itu pada kenyataannya memang memiliki lebih banyak kesamaan antara yang satu dengan yang lain daripada perbedaan-perbedaannya.

“Hai Manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesunggunya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertaqwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.” (Al Hujuraat:13) (Carmen Mariano/Djs)

 

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Terima kasih telah membaca artikel diwebsite kami.

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

Β 

Β 

Β 

FOLLOW MEDIA SOSIAL KLIK MUSLIM :Β Β πŸ‘‡

Facebook KLIK MUSLIM

Twitter KLIK MUSLIM

Telegram KLIK MUSLIM

Google My Business KLIK MUSLIM

Β 

Tumble KLIK MUSLIM

Linked In KLIK MUSLIM

Β 

Pinterest KLIK MUSLIM

Reddit KLIK MULSIM

Youtube KLIK MUSLIM

Medium KLIK MUSLIM

Dukung kami dengan berbelanja produk-produk muslim bergaransi 100%Β  original dan berkualitas di toko online kami KLIK MUSLIM SHOP yang bisa Anda kunjungi dg cara klik link toko online kami di menu navigasi .

100%Β  original.

πŸ‘‡

Terima kasih telah membaca artikel diwebsite kami.

Jika Anda mendapatkan manfaat setelah membaca artikel diatas. Mohon berkenan untuk membantu menyebarkannya ke yang lain dg cara membagikan link website ini denganΒ mengklik tombol media sosial yang ada dibawah ini.

Β 

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Artikel Sebelumnya
Artikel Selanjutnya
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

100% GRATIS

Langganan update artikel islami kami

Siapa tau artikel yang dibaca bisa menjadi cahaya ilmu dihati kita

Terpopluer

Paling Trending

Paling Awal

Update Contents
KLIK MUSLIM We would like to show you notifications for the latest news and updates.
Dismiss
Allow Notifications