Jumat, Januari 21, 2022
BerandaKonsultasi8 Pintu Syurga

8 Pintu Syurga

spot_img
spot_img

8 Pintu Syurga

 

Pertanyaan:

Minal Muslimin – Jepang

Asatidz yang dirohmati Allah. Saya ingin menanyakan penjelasan tentang 8 pintu syurga. Di dalam hadits tentang puasa hanya disebutkan sebagian saja, pintu sholat, pintu shodaqoh, pintu jihad dan pintu puasa (ar-rayyan). Bagaimana pintu yang lainnya? Juga saya mendengar adanya 7 pintu neraka, bagaimana penjelasannya?

 

Jawaban:

Dalam hadis yang menjelaskan tentang keutaman ibadah shaum memang telah disebutkan bahwa mereka yang melaksanakannya dengan penuh keihlasan akan memasuki surga dari pintu khusus yaitu pintu Ar-Rayyan.

Dari Sahl bin Sa’d sesungguhnya Rasulullah SAW telah bersabda: “Di surga ada delapan pintu, salah satu pintunya diberinama Ar-Rayyan. Tidak akan ada yang memasukinya kecuali orang-orang yang melaksanakan shaum. Dan apabila mereka telah masuk, pintu tersebut akan dikunci dan tidak akan ada yang memasukinya lagi selain mereka” (HR. Bukhori dan Muslim)

Sedangkan mengenai nama pintu-pintu yang surga lainnya, kami belum mendapatkan riwayat yang menjelaskan tentang nama-nama tersebut. Akan tetapi dalam sejumlah hadis dinyatakan bahwa setiap orang akan memasuki surga berdasarkan jenis amal sholeh yang dia lakukan di dunia ini.

Dari Abu Hurariroh Ra ia berkata Rasulullah SAW telah bersabda: “Barangsiapa yang menafqahi suami isteri di jalan Allah dari hartanya, ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, dan bagi surga ada delapan pintu, barangsiapa yang termasuk golongan ahli sholat ia akan dipanggil dari pintu sholat, dan barngsiapa yang termasuk ahli shodaqoh ia akan dipanggil dari pintu shodaqoh dan barangsiapa yang termasuk ahli jihad ia akan dipanggil dari pintu jihad dan barangsiapa yang termasuk ahli shaum ia akan dipanggil dari pintu shaum” (Muttafaq ‘Alaih)

Dari Abu Hurarirah Ra ketika menjelaskan tentang hadis syafa’ah disebutkan bahwa Allah SWT berfirman : Wahai Muhammad : “Masukanlan orang-orang yang tidak dihisab dari golongan umatmu dari pintu sebelah kanan” (Muttafaq ‘Alaih)

Yang terpenting bagi kita tentunya adalah kita berdo’a kepada Allah SWT semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dipanggil dari setiap pintu surga sebagaimana yang dikatakan oleh Abu Bakar Ash-Shidiq Ra. Kepada Rasulullah SAW : “Tidak masalah bagi seseorang dari pintu mana dia dipanggil, tetapi adakah orang yang dipanggil oleh semua pintu itu, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: “Ia, Dan aku berharap engkau termasuk diantara mereka” (Muttafaq ‘Alaih) (lihat Nihayatul Bidayah Wan Nihayah karangan Ibnu Katsit jilid II halaman 214) Sedangkan mengenai jumlah pintu neraka, Allah SWT telah menjelaskan dalam firman-Nya : ”Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka semuanya. Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu untuk golongan yang tertentu dari mereka.“ (QS. Al-Hijr 43 dan 44)

Ibnu Katsir ketika mengomentari ayat ini berkata: “Yaitu Allah telah menetapkan bagi setiap pintu tersebut segolongan dari pengikut iblis, mereka akan memasukinya dan tidak dapat keluar darinya -Semoga Allah mnyelamatkan kita darinya- Dan setiap orang memasukinya tergantung amalnya dan tinggal dalam tingkatan neraka sesuai dengan amalnya” (Tafsir Ibnu Katsir 4/162)

Ibnu Katsir dalam tafsirnya juga mengutip pendapat Ibnu Juraij berkata: “Tujuh pintu tersebut adalah : yang pertama Jahannam, Ladzho, Al-Huthomah, Sa’ir, Saqor, Al-Jahim dan terakhir Al-Hawiyyah”. Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh Ad-Dlohak dari Ibnu Abbas Ra (Tafsir Ibnu Katsir 4/162)

Ibnu ‘Asyur dalam tafsirnya mengatakan bahwa yang dimaksud dengan tujuh disini menunjukan bilangan yang banyak sehingga hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT : ”Sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu” (QS. Ar-Ra’d : 23 )

Dan boleh jadi yang dimaksud dengan pintu-pintu adalah kiasan dari tingkatan Jahannam karena adanya pintu-pintu tersebut menunjukkan adanya tingkatan yang sesuai dengan tingkatan kedurhakaan yang dilakukan penghuninya” (Tafsir Ibnu ‘Asyur XIII/43)

 

 

source : Syariah Online

Pusat Konsultasi Syariah

 

8 Pintu Syurga

 

======================================

👇👇👇

Referensi Muslim Tervaforit DISINI :

 

1. Panduan Supaya Cepat Bisa Membaca AlQuran Meskipun Dari Nol dg 4 Pertemuan ==> KLIK DISINI

2. Semua Produk Speaker Quran Original & Terbaik Sedang diskon ==> KLIK DISINI

3. Panduan Supaya Bisa Melantunkan Alquran TARTIL, MERDU & INDAH Cocok untuk para pemula hingga level mahir, muadzin, imam sholat jamaah, qory, peruqyah, Da’i, guru ngaji, guru pendidik, imam rumah tangga, anak pesantren dari nol hingga mahir. ==>  KLIK DISINI

4. Pusat Kosmetik Muslimah Sertifikat Halal Grade A dengan harga promo ==> KLIK DISINI

🙏 🧕 🙏

Terima kasih ya dan mohon dibantu supaya bisa artikel ini yang lainya supaya manfaatnya bisa menyebar ke yang lian…

Artikel yang baru saja Anda baca berjudul :

👇👇👇

8 Pintu Syurga

spot_img
spot_img
spot_img
Artikulli paraprakSyiah 12
Artikulli tjetërKehidupan Di Surga
RELATED ARTICLES
spot_img

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img
- Advertisment -spot_img

Most Popular

Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR
Panduan Ngaji Merdu Indah dan Tartil Komplit Sampai Bisa , KLIK GAMBAR

Recent Comments